RANCANGAN AKTUALISASI (LATSAR SPNS GURU)
A. Unit Kerja
SMKN 1 Wae Ri’i, Kabupaten Manggarai.
B.
Jabatan
Ahli Pertama – Guru Teknik Gambar Bangunan.
C.
Visi, Misi, Nilai Unit Kerja
1.
Visi
“Terwujudnya Pendidikan Kejuruan yang bermutu guna membentuk manusia yang beriman, mandiri, produktif, dan kompetitif”.
2.
Misi
a. Menyelenggarakan
pendidikan kejuruan multi kompetensi sesuai dengan potensi Nasional, Wilayah,
dan Kebutuhan masyarakat tanpa diskriminasi.
b. Mewujudkan tamatan
yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur,
cerdas, dan kompeten sesuai bidangnya.
c. Membekali peserta
didik dengan pengetahuan dan keterampilan untuk menjadi manusia yang mandiri,
produktif, dan berdaya saing.
d. Melaksanakan pendidikan berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK).
3.
Nilai Organisasi
“Beriman, Mandiri, Produktif, dan Kompetitif”.
4.
Motto
“Mari Kerja Cerdas”.
D.
Tugas dan Fungsi Unit Kerja
1. Meningkatkan
kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk
hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya.
2. Mengembangkan
potensi, bakat, dan minat generasi muda untuk menjadi tenaga kerja menengah
yang beriman, mandiri, cerdas, produktif, dan berdaya saing baik lokal,
nasional, maupun internasional.
3. Menghasilkan tamatan yang beriman, mandiri, produktif, dan kompetitif, serta bertanggung jawab dengan terus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, ilmu pengetahuan dan keterampilan, dengan prinsip belajar sepanjang hayat serta mampu bersikap responsif dan adaptif terhadap perkembangan di tengah era global.
E.
Uraian Tugas
1.
Mengajar mata
pelajaran Mekanika Teknik di Kelas X.
2.
Mengajar mata
pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi di Kelas XI.
3.
Mengajar mata
pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan di Kelas XII.
4.
Menjadi Wali Kelas di
Kelas XI DPIB 1.
5.
Melaksanakan Piket
Harian.
6. Mendampingi kegiatan bimbingan dan pelaksanaan Ujian Kompetensi dan Kejuruan Kelas XII Program Studi Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan.
F.
Identifikasi Isu
1.
List/Daftar Isu
a. Tidak optimalnya
kegiatan belajar mandiri siswa pada Kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR) selama
pandemi.
b.
Tingginya aktivitas
siswa dalam bermain Game Online selama masa pandemi.
c.
Rendahnya antusias
siswa dalam membayar uang komite.
d. Rendahnya kepedulian siswa terhadap kebersihan lingkungan sekolah.
2.
Analisis Prioritas Isu
Pada Rancangan Aktualisasi ini, proses penentuan Isu Prioritas menggunakan Metode APKL (Aktual, Problematik, Kekhalayakan, dan Layak). Analisis Prioritas Isu dapat dilihat pada Tabel 1. Analisis Prioritas Isu.
Tabel 1. Analisis Prioritas Isu.
No. |
Isu |
Penilaian |
Total |
Prioritas |
|||
A |
P |
K |
L |
||||
1 |
Tidak
optimalnya kegiatan belajar mandiri siswa pada kegiatan Belajar Dari Rumah
(BDR) selama pandemi. |
5 |
5 |
5 |
5 |
20 |
I |
2 |
Tingginya
aktivitas siswa dalam bermain game online selama masa pandemi. |
5 |
5 |
3 |
3 |
16 |
II |
3 |
Rendahnya
daya bayar dana komite dari siswa. |
5 |
5 |
3 |
2 |
15 |
III |
4 |
Rendahnya
kepedulian siswa terhadap kebersihan lingkungan sekolah. |
3 |
2 |
3 |
3 |
11 |
IV |
Catatan: Penentuan bobot tiap isu menggunakan skala 1 – 5 (Skala Likert), dengan kriteria: 5 = Paling Sesuai; 4 = Sesuai; 3 = Cukup Sesuai; 2 = Kurang sesuai; dan 1 = Tidak sesuai.
3.
Isu Prioritas
Berdasarkan hasil
analisis APKL seperti dalam Tabel 1.
Analisis Prioritas Isu, maka dapat disimpulkan bahwa isu yang paling
prioritas dengan Total Bobot APKL = 20 dan tingkat prioritas = I adalah “Tidak optimalnya kegiatan belajar mandiri
siswa pada kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR) selama pandemi”.
Faktor penyebab
terjadinya isu tersebut di atas adalah sebagai berikut:
a.
Tidak adanya
instrumen kontrol terhadap kegiatan belajar mandiri siswa.
b.
Terbatasnya media
pembelajaran yang difasilitasi oleh guru.
c.
Lemahnya fungsi
kontrol Orang Tua terhadap kegiatan belajar mandiri siswa.
d. Rendahnya pengetahuan siswa terkait manfaat dan cara menggunakan media sosial.
G.
Gagasan Pemecahan Isu
Gagasan yang diusulkan untuk memecahkan isu prioritas di atas adalah “Mengoptimalkan Kegiatan Belajar Mandiri Siswa Melalui Penerapan Instrumen Kontrol pada SMKN 1 Wae Ri’i Kabupaten Manggarai”.
Judul Rancangan Aktualisasi ini adalah : “Pengoptimalan Kegiatan Belajar Mandiri Siswa Melalui Penerapan Instrumen Kontrol Pada SMKN 1 Wae Ri’i Kabupaten Manggarai”.
H.
Rancangan Kegiatan Aktualisasi
Rancangan kegiatan aktualisasi dapat di lihat pada Tabel 2. Rancangan Kegiatan Aktualisasi.
Tabel 2. Rancangan Kegiatan Aktualisasi
No. |
Kegiatan |
Tahapan Kegiatan |
Output/Hasil |
Keterkaitan Substansi Mata Pelatihan |
Kontribusi Terhadap Visi-Misi Organisasi |
Penguatan Nilai Organisasi |
1 |
Melakukan koordinasi kepada
Kepala Sekolah tentang rencana pelaksanaan kegiatan. |
a.
Menemui Kepala Sekolah. |
1)
Fhoto Kegiatan. |
Relevan dengan nilai dasar
Kepemimpinan (Akutanbilitas). |
Menguatkan Visi Unit Kerja:
Terwujudnya pendidikan kejuruan yang bermutu guna membentuk manusia yang
beriman, mandiri, produktif, dan kompetitif. Menguatkan Misi Poin 1 (satu)
yang berbunyi: menyelenggarakan pendidikan kejuruan multi kompetensi sesuai
dengan potensi nasional, wilayah, dan kebutuhan masyarakat tanpa
diskriminatif. |
Menguatkan nilai “Mandiri dan
Produktif”. |
b.
Mengkomunikasikan Rencana
Pelaksanaan Kegiatan. |
1)
Jadwal harian kegiatan. 2)
Jurnal Harian Kegiatan
Aktualisasi. 3)
Fhoto Kegiatan. |
a)
Relevan dengan nilai dasar: Transparansi
dan Kejelasan (Akuntabilitas). b)
Relevan dengan nilai-nilai
dasar Etika Publik yang diatur dalam UU ASN, yaitu: Menghargai komunikasi,
konsultasi, dan kerjasama. |
||||
2 |
Membuat Perangkat Pembelajaran. |
a.
Mengumpulkan Referensi. |
1)
Kompetensi Inti (KI) dan
Kompetensi Dasar (KD). 2)
Matriks Analisis Materi, Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK), dan Tujuan Pembelajaran. 3)
Silabus. 4)
Promes. |
Relevan dengan nilai-nilai
dasar Komitmen Mutu, seperti: menggunakan pendekatan ilmiah dan inovatif dalam
pemecahan masalah dan pengambilan keputusan. |
Menguatkan Visi Unit Kerja:
Terwujudnya pendidikan kejuruan yang bermutu guna membentuk manusia yang
beriman, mandiri, produktif, dan kompetitif. Menguatkan Misi Poin 1 (satu)
yang berbunyi: Menyelenggarakan pendidikan kejuruan multi kompetensi sesuai
dengan potensi nasional, wilayah, dan kebutuhan masyarakat tanpa
diskriminatif. Dan Poin 4 (empat) yang berbunyi: Melaksanakan pendidikan
berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK). |
Menguatkan nilai “Mandiri dan
Produktif”. |
b.
Mendeskripsikan Rancangan
Perangkat Pembelajaran. |
1)
RPP BDR. 2)
Instrumen Kontrol Kegiatan
Belajar Mandiri Siswa. 3)
Fhoto Kegiatan. |
Relevan dengan nilai-nilai dasar seperti: bertanggung jawab
(Akuntabilitas). |
||||
c.
Validasi Perangkat Kepada
Guru-guru PNS Senior. |
1)
Lembar Validasi. 2)
Perangkat pembelajaran yang
sudah valid. 3)
Fhoto Kegiatan. |
Relevan dengan nilai-nilai
dasar orientasi mutu (Komitmen Mutu) seperti: Menghasilkan produk/jasa yang
berkualitas tinggi: tanpa cacat, tanpa kesalahan, dan tidak ada pemborosan. |
||||
3 |
Menerapkan instrumen kontrol
terhadap kegiatan belajar mandiri siswa. |
a.
Sosialisasi Penerapan Instrumen
Kontrol. |
1)
Fhoto Kegiatan. 2)
Daftar Hadir Siswa. |
Relevan dengan nilai-nilai
dasar Partisipatif dan Non-Diskriminatif (Nasionalisme). |
Menguatkan Visi Unit Kerja:
Terwujudnya pendidikan kejuruan yang bermutu guna membentuk manusia yang
beriman, mandiri, produktif, dan kompetitif. Dan misi poin 3 dan 4 yang
berbunyi: Membekali peserta didik dengan pengetahuan dan ketrampilan untuk
menjadi manusia yang mandiri, produktif, dan berdaya saing; Melaksanakan
pendidikan berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK). |
Menguatkan nilai “Mandiri dan
Produktif”. |
b.
Membagikan Instrumen Kontrol
kepada Siswa. |
1)
Fhoto Kegiatan. 2)
Daftar Hadir Siswa. |
Relevan dengan nilai orientasi
mutu seperti: Beradaptasi dengan perubahan yang terjadi, baik berkiatan
dengan pergeseran tuntutan kebutuhan pelanggan maupun perkembangan teknologi. |
||||
c.
Siswa menggunakan instrumen
kontrol. |
1)
Fhoto Kegiatan. 2)
Instrumen Kontrol yang sudah di
isi. |
Relevan dengan nilai manajemen
mutu yaitu: Beradaptasi dengan Tuntutan Perubahan. |
||||
d.
Siswa mengumpulkan Instrumen
Kontrol. |
1)
Fhoto Kegiatan. 2)
Daftar Hadir Siswa. 3)
Instrumen Kontrol Kegiatan
Belajar Mandiri Siswa. |
Relevan dengan nilai
akuntabilitas, yaitu: bertanggung jawab. |
||||
4 |
Melakukan evaluasi Kegiatan. |
a.
Mengumpulkan Bahan Evaluasi. |
1)
Isian Instrumen Kontrol. 2)
Fhoto Kegiatan. |
Relevan dengan nilai manajemen
mutu terpadu yaitu: melaksanakan fungsi pengawasan secara efektif untuk
mengawal keterlaksanaan program kerja. |
Menguatkan Visi Unit Kerja:
Terwujudnya pendidikan kejuruan yang bermutu guna membentuk manusia yang
beriman, mandiri, produktif, dan kompetitif. Menguatkan Misi poin 2 (dua)
yang berbunyi: Mewujudkan tamatan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang
Maha Esa, berbudi pekerti luhur, cerdas, dan kompeten sesuai bidangnya. |
Menguatkan nilai “Mandiri,
Produktif, dan Kompetitif”. |
b.
Melaksanakan test pencapaian
Hasil Belajar. |
1)
Hasil belajar siswa. 2)
Fhoto Kegiatan. 3)
Daftar Hadir Siswa. |
|||||
5 |
Membuat laporan pelaksanaan
kegiatan aktualisasi. |
a.
Menyiapkan Sarana dan
Bahan-bahan Laporan. |
1)
Laptop. 2)
Kertas A4. 3)
Printer 4)
Pedoman Penyusunan Laporan
Aktualisasi. 5)
Bahan-bahan Laporan. |
Relevan dengan nilai-nilai
dasar yang berorientasi pada mutu (Komitmen Mutu) seperti: menggunakan
pendekatan ilmiah dan inovatif dalam pemecahan masalah dan pengambilan
keputusan. |
Menguatkan Visi Unit Kerja:
Terwujudnya pendidikan kejuruan yang bermutu guna membentuk manusia yang
beriman, mandiri, produktif, dan kompetitif. Menguatkan Misi Poin 1 (satu)
yang berbunyi: Menyelenggarakan pendidikan kejuruan multi kompetensi sesuai dengan
potensi nasional, wilayah, dan kebutuhan masyarakat tanpa diskriminatif. |
Menguatkan nilai “Mandiri dan
Produktif”. |
b.
Mendeskripsikan Laporan
Kegiatan Aktualisasi. |
1)
Rancangan Laporan Aktualisasi. 2)
Fhoto Kegiatan. |
Relevan dengan nilai-nilai dasar seperti: bertanggung jawab (Akuntabilitas). |
||||
c.
Melakukan bimbingan kepada Coach/Mentor. |
1)
Fhoto Kegiatan. 2)
Laporan Aktualisasi. |
Relevan dengan nilai-nilai dasar orientasi mutu (Komitmen Mutu) seperti:
Menghasilkan prooduk/jasa yang berkualitas tinggi: tanpa cacat, tanpa
kesalahan, dan tidak ada pemborosan. |
I.
Rencana Jadwal Pelaksanaan Kegiatan Aktualisasi
Rencana jadwal pelaksanaan kegiatan aktualisasi dapat dilihat pada Tabel 3. Rencana Jadwal Pelaksanaan Kegiatan Aktualisasi.
Tabel 3. Rencana
Jadwal Pelaksanaan Kegiatan Aktualisasi.
No. |
Kegiatan |
Minggu |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
Melakukan koordinasi kepada kepala sekolah tentang rencana pelaksanaan
kegiatan. |
|
|
|
|
2 |
Membuat perangkat pembelajaran. |
|
|
|
|
3 |
Menerapkan instrumen kontrol terhadap kegiatan belajar mandiri siswa. |
|
|
|
|
4 |
Melakukan evaluasi kegiatan. |
|
|
|
|
5 |
Membuat laporan kegiatan pelaksanaan aktualisasi. |
|
|
|
|
J.
Pembimbingan Impelementasi Aktualisasi Oleh Coach/Pembimbing
Bimbingan Implementasi Aktualisasi oleh Coach/Pembimbing dapat dilihat pada format berikut:
KARTU BIMBINGAN AKTUALISASI MENTOR/COACH
Nama : .................................................................................................................
NIP : .................................................................................................................
Unit Kerja : .................................................................................................................
Jabatan : .................................................................................................................
Isu : .................................................................................................................
Gagasan : .................................................................................................................
Kegiatan Ke - : .................................................................................................................
Penyelesaian Kegiatan |
Catatan Mentor |
Paraf Mentor |
ü Tahapan kegiatan; ü Output kegiatan terhadap pemcah isu; ü Keterkaitan substansi mata pelatihan; ü Kontribusi terhadap visi dan misi organisasi; ü Penguatan nilai organisasi; |
|
|
Comments