SISTEM STRUKTUR BETON BERTULANG: Portal VS Kontinum

Secara umum, sistem struktur beton bertulang terbagi dalam dua jenis, yaitu: sistem struktur portal dan sistem struktur kontinum. Kedua sistem struktur ini memiliki perbedaan yang sangat mendasar. Sistem struktur portal adalah sistem struktur yang membentuk struktur kerangka. Sistem struktur ini tersusun dari elemen-elemen seperti: kolom, balok, dan/atau dinding geser, yang dihubungkan oleh hubungan yang kaku/monolit. Artinya, sistem struktur kerangka (portal) adalah sistem struktur yang unsur elemennya dapat dibedakan, serta ukuran penampang elemenya (lebar atau tinggi) dibandingkan  dengan elemen dengan bentang kecil.

Berbeda dengan portal, sistem struktur kontinum adalah sistem struktur yang elemen-elemennya tidak dapat dibedakan seperti pelat, cangkang, atau tangki (Nasution, Amrinsyah, 2009).

Tipe Sistem Struktur Portal

Sistem struktur portal dalam jenisnya, terdiri dari 5 (lima) tipe atau bentuk. Kelima tipe sistem struktur portal tersebut terdiri dari: sistem struktur balok menerus, sistem struktur portal bidang, sistem struktur grid, sistem struktur portal ruang, dan sistem struktur portal ruang dengan lantai.

Balok menerus merupakan sistem struktur yang paling sederhana. Struktur ini tersusun dari elemen-elemen seperti tumpuan atau perletakan (jepit, sendi, dan/atau rol) dan balok memanjang (menerus) yang menumpu di atas perletakan tersebut. Terkait konstruksi dan bagaimana beban yang bekerja, dalam konstruksi ini elemen balok terletak pada suatu sumbu dan beban yang diterima adalah beban luar yang bekerja secara transversal pada sumbu tersebut.

Struktur Grid adalah portal yang semua uncur elemennya terletak pada satu bidang portal. Pada struktur ini, beban luar bekerja juga bekerja secara transversal pada bidang datar portal tersebut.

Portal ruang adalah tipe sistem struktur portal yang membentuk ruang tiga dimensi. Tipe struktur ini adalah tipe struktur portal yang ideal bagi suatu sistem struktur kerangka. Bentuknya menggambarkan sistem struktur konstruksi bangunan yang sesungguhnya.
Sedangkan, portal ruang dengan lantai adalah penggabungan antara portal ruang dengan lantai, yang membentuk konstruksi bangunan yang lengkap.

Comments

Popular posts from this blog

Irigasi: NOMENKLATUR, KEBUTUHAN DEBIT, DAN EFISIENSI IRGASI

TEKNIK SIPIL VS GAYA dan MOMEN

LAPORAN SURVEY - Lokasi Plaza Surabaya